Ya Tuhan !!! Oppung (Nenek) Ini Makan Rumput Alani Ni Pogosna (Miskin)

.
Nama perempuan ini Sulimah alias Bu Rokayah. Adalah seorang warga Dusun Krajan B, Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Jember. Meski Masyarakat sekitar biasa memanggilnya Bu Kaya, Namun hidupnya sangatlah serba kekurangan (miskin). Rumah yang layak tidak bisa ia tumpangi bahkan makan pun susah dan sering makan rumput karena tidak bisa makan nasi.

Rumah Bu Kaya berada di pinggir jalan raya, tepatnya di depan SDN 1 Gambirono. Kondisi rumahnya adalah pintu rumah hanya terbuat dari Anyaman bambu. Kemudian dapurnya dan trmpat tidur menyatu, hanya disekat pakai lemari yang kecil. Dan sebagai tempat penginapan, Konsisi seperti itu tidaklah cocok sebagai tempat tinggal.

Bu Kaya hanya memiliki satu lemari yang dipakai menyimpan makanan, pakaian dan peralatan dapur. Sementara untuk memasak, Bu Kaya menggunakan tungku yang terbuat dari batu bata dan tanah. Itupun kondisinya sudah hancur.

"Ya seperti inilah kondisi rumah saya. Karena memang saya tidak punya anak dan keluarga. Suami meninggal beberapa tahun lalu," kata Bu Kaya dengan logat Madura, Kamis (2/3/2017).

Bu Bu Rokayah
Bu Bu Rokayah via Detik.com


Rumah itu dibangun di atas tanah PTPN X oleh mendiang suaminya puluhan tahun lalu. Kondisinya yang sudah renta karena termakan usia, membuat Bu Kaya tak bisa berbuat banyak.

"Rumah saya biarkan begitu saja, meski sudah banyak yang rusak. Ya mau gimana, wong saya sudah tua, tidak punya apa-apa, keluarga ya juga tidak punya," tambahnya.

Pernah beberapa kali saat hujan turun tengah malam, rumah itu bocor. Meminta bantuan tetangga, rasanya tidak mungkin. Akhirnya, Bu Kaya memilih menggelar alas dan tidur di bawah kolong ranjang. "Yang penting bisa tidur," ungkap Bu Kaya.

Baca Juga: Dua minggu tidak nampak, Boru hasibuan ditemukan membusuk dan berulat

Saat-saat kondisi seperti itulah, Bu Kaya merasakan kepedihan yang mendalam. Untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, Bu Kaya mengandalkan pemberian tetangga. Itu pun tak setiap hari tetangganya mau berbagi. Bahkan yang membuat trenyuh, Bu Kaya 3 kali memakan rumput karena tidak memiliki beras. "Terakhir, saya makan rumput sekitar 10 hari yang lalu," jelasnya.

Meski demikian, Bu kaya masih tersenyum dan menganggap apa yang ia makan adalah jamu.Bahakan karena itu, bu kaya malah makin sehat. "Saya sering menelan abu sisa pembakaran dicampur air kapur, biar tidak sakit," sambungnya.

Sumber: detik.com
Editor : Golan

0 Response to "Ya Tuhan !!! Oppung (Nenek) Ini Makan Rumput Alani Ni Pogosna (Miskin)"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Yang sopan Dan Relevan.
Maaf.. Link Hidup Akan di hapus